WartaPendidikan.co.id, Muaro Jambi – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) menyelenggarakan Workshop Edutech PAUD dengan tema “Merancang Bahan Ajar Interaktif Berbasis Coding dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (30/9/2025) di Auditorium Gedung UNIFAC UNJA, Mendalo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FKIP UNJA, Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., Ketua Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar (PAUDDAS), Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., Ketua Program Studi (Kaprodi) PGPAUD, Uswatun Hasni, M.Pd., Ketua Pelaksana Acara, Asih Nur Ismiatun, M.Pd., para dosen PGPAUD, serta mahasiswa yang hadir secara offline maupun online.

Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FKIP UNJA, menyampaikan bahwa Program Studi PGPAUD harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi secara positif, khususnya dalam dunia pendidikan.

“Pada acara yang berlangsung hari ini, saya merasakan PGPAUD tidak mau ketinggalan dengan perkembangan zaman, seperti gadget yang bisa membawa manfaat terutama dalam pendidikan. Maka dari itu, kita akan mendengarkan bersama-sama dari para narasumber pada pagi hari ini apa saja tips yang bisa diterapkan, dan semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua. Mari kita ikuti kegiatan ini dengan berdiskusi,” ujar Dr. K.A. Rahman.

Ketua Jurusan PAUDDAS, Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menambahkan bahwa perkembangan teknologi membawa perubahan besar, termasuk dalam pembelajaran hingga instrumen evaluasi. Ia juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan rutin PGPAUD.

“Salah satu perubahan di bidang teknologi adalah bagaimana kita membuka kegiatan pembelajaran berbasis teknologi, seperti perancang perangkat pembelajaran, perancang modul pembelajaran bahkan sampai instrumen evaluasi. Saya berterima kasih kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan ini, karena manfaatnya bukan hanya untuk mahasiswa dan dosen, tetapi juga bagi guru PAUD. Kegiatan ini adalah kegiatan ketiga, tentu kami berharap terus mendapat dukungan pada setiap pelaksanaannya,” ungkap Dr. Muhammad Sofwan.

Baca juga :  Pendaftaran SNBP 2025 Dibuka: Unsika Siap Terima Mahasiswa Baru, Mana Prodi Pilihanmu?

Sementara itu, Kaprodi PGPAUD, Uswatun Hasni, M.Pd., menekankan pentingnya digitalisasi dan kemampuan coding bagi guru maupun mahasiswa dalam menyiapkan bahan ajar anak usia dini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Program Studi yang diamanahkan dari fakultas. Oleh karena itu, kegiatan ketiga ini kami angkat tema Workshop Edutech PAUD dengan topik coding dalam pembelajaran anak usia dini. Digitalisasi itu sangat penting, dan coding harus mampu kita adaptasi baik sebagai guru maupun mahasiswa. Harapannya peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara optimal sehingga ilmu yang didapatkan dari narasumber yang luar biasa ini benar-benar bermanfaat untuk membangun pendidikan anak usia dini yang lebih maju,” ujar Uswatun Hasni.

Ketua Pelaksana, Asih Nur Ismiatun, M.Pd., juga menjelaskan bahwa kegiatan ini relevan dengan kebijakan pemerintah dalam menyiapkan generasi yang melek teknologi.

“Acara kita pada hari ini berjudul Workshop Edutech PAUD. Pada bulan April 2025, Kemendikdasmen melalui Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen serta Dirjen GTK telah mempersiapkan 40 ribu satuan pendidikan jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di Indonesia. Harapannya, pada tahun ajaran baru 2025/2026 sudah dapat dilaksanakan pembelajaran coding dan kecerdasan artifisial. Sebenarnya sejak tahun 2020 sudah ada modul kegiatan media sumber belajar coding, namun implementasinya di lapangan masih perlu banyak pembelajaran karena pengetahuan kita masih terbatas,” jelas Asih Nur.

Workshop ini turut menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya. Pemateri pertama, Ulfa Khaira, S.Komp., M.Kom., Dosen Informatika UNJA, menyampaikan materi “Mengembangkan Kreativitas dan Logika pada Anak Usia Dini melalui Visual Coding dengan ScratchJr” secara offline. Pemateri kedua, Hardika Dwi Hermawan, M.Sc., ITE., Dosen Pendidikan Teknik Informatika UMS, hadir secara online melalui via zoom dengan materi “Coding Unplugged untuk Anak Usia Dini”.

Baca juga :  UNJA Resmi Serahkan SK kepada Ratusan CPNS TA 2024

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif antara peserta dan narasumber, serta diakhiri dengan foto bersama sebagai penanda kebersamaan dan keberhasilan acara. Melalui workshop ini, diharapkan dosen, mahasiswa, maupun guru PAUD dapat semakin memahami pentingnya pemanfaatan teknologi, khususnya coding, dalam mendukung proses pembelajaran anak usia dini. Kegiatan ini juga menjadi langkah nyata PGPAUD FKIP UNJA dalam menjawab tantangan perkembangan zaman serta mendorong lahirnya inovasi bahan ajar interaktif yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini. (*)